PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI


Halo semuanya...
Kali ini aku bakal ngejelasin tentang "PT Aqua Golden Mississppi"
di blog ini aku punya tugas kuliah, dimana aku harus bikin sebuah presentasi yang membahas suatu produk dalam perusahaan.



dan ini point - point yang akan aku bahas
"Selamat Membaca 😊"



PT. AQUA GOLDEN MISSISSPPI

PT Aqua Golden Mississippi  adalah perusahaan yang pertama kali memproduksi air dalam kemasan di Indonesia. Didirikan pada tahun 1973 oleh Tirto Utomo. Merk dagang perusahaan ini awalnya "Puritas" kemudian diubah menjadi "Aqua" alasan perusahaan ini mengubah merk dagangnya agar lebih mudah diingat dan diucap oleh orang Indonesia.

Perusahaan ini pertama kali memproduksi Aqua dalam kemasan botol kaca ukuran 950ml dengan harga perbotol Rp. 75. Tirto mendirikan pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi. Alasan beliau mendirikan ini karena banyak orang asing yang tidak bisa minum air rebusan dari sumur sehingga memunculkan ide untuk memproksi air dalam kemasan yang steril sehingga semua orang bisa meminumnya.

Setelah beroperasi kurang lebih 40 tahun, kini Aqua sudah mempunyai 14 pabrik yang sudah menyebar ke berbagai propinsi di Indonesia. Dengan kepemilikan berbeda - beda yaitu ;


  • 3 pabrik milik PT. Tirta Investama
  • 10 pabrik milik PT. Aqua Golden Mississippi
  • 1 pabrik milik PT. Tirta Sibayakindo



 Makna Logo :
  1. Tulisan Danone adalah nama perusahaan di Paris dimana perusahaan ini merupakan perusahaan yang terkenal diseluruh dunia sehingga makanan dan minuman yang diproduksi dikenal sebagai produk internasional.
  2. Tulisan Aqua yang bergelombang karena Aqua merupakan produk air mineral sehingga jenis tulisan / font ditiap sisinya dibuat bergelombang seperti air.
  3. Warna Aqua terdiri dari 3 warna biru yaitu : biru muda, biru agak muda, dan biru tua. Aqua sendiri terinspirasi dari lautan dipantai.
  4. Gambar Gunung  menggambarkan ke costumer kalau sumber air Aqua ini berasal langsung dari pegunungan yang diolah untuk diminum.

VISI & MISI PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI






 PRODUK



  1. Botol plastik ukuran 330 ml, 600 ml, dan 1500 ml.
  2. Gelas Plastik ukuran 240 ml.
  3. Galon ukuran 19 liter.

Strategi Pemasaran :
  • Strategi menarik konsumen, dengan cara memberi selogan yang bagus pada produk, membuat iklan yang menarik, dan promosi disetiap plosok tanah air.
  • Strategi mempertahankan pelanggan dengan cara memberi pelayanan dan kualitas yang maksimal.
  • Strategi promosi untuk menguasai pasar, dengan cara promosi melalui iklan - iklan yang berkualitas dan mudah dimengerti, baik iklan ditelevisi, radio, maupun iklan media cetak.




Analisa Swot

Kekuatan
  • Memasarkan produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk ini.
  • Menggunkan manajemen sumber daya air yang canggih.
Kelemahan
  • Diperlukan modal kerja yang cukup besar.
  • Ketika musim kemarau penjualan menurun.
Peluang
  • Aqua mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional.
  • Air PDAM sudah tidak bisa dikonsumsi. Maka pemerintah mangajukan masyarakat mengkonsumsi air mineral dalam kemasan.
Ancaman
  • Muncul produk air mineral baru.
  • Adanya kenaikan bahan baku seperti plastik untuk label dan bahan untuk membuat galon.
  • Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.


" STRUKTUR ORGANISASI "








Sebelumnya aku mau ngucapin terima kasih buat kalian semua yang sudah baca blog aku sampai selesai.


Komentar